Sejumlah Mahasiswa Dibuat Kaget, Anaconda Raksasa Melintang di Jalanan 

Sejumlah Mahasiswa Dibuat Kaget, Anaconda Raksasa Melintang di Jalanan 
Ular Anaconda raksasa menyeberang jalan di tengah hutan Brazil (Foto: Facebook/@Aprizion)

RIAUSKY.COM - Melihat ular Anaconda di tv mungkin sudah biasa, tapi apa jadinya jika anda melihat langsung ular raksasa ini melintang di jalan yang hendak anda lalui.

Hal itu pula yang dialami oleh sekelompok mahasiswa di Brazil.

Belum lama ini mereka dikejutkan dengan kemunculan ular Anaconda raksasa yang sedang menyeberang jalanan tanah.

Ular yang memiliki habitat asli di Sungai Amazon itu rupanya tidak sendiri. Ular yang belakangan diketahui berjenis kelamin betina itu diikuti oleh beberapa ular lain yang ukurannya lebih kecil.

Menyitir dari laman Unilad, sejumlah mahasiswa kedokteran hewan itu awalnya melintasi jalan setapak di Sao Paulo.

Tak berselang lama, mata mereka terbelalak menyaksikan ular berukuran besar melintang di tengah jalan. Beberapa di antara mahasiswa kemudian merekam momen langka tersebut.

Tak hanya seekor Anaconda raksasa, ular lain mengikuti pergerakannya, seolah ingin memberitahu bahwa si raksasa Amazon itulah pemimpin populasi ular di sana.

Reptil besar yang diperkirakan berukuran 20 kaki itu terekam keluar dari jalan dan menghilang menuju sungai di belakang semak belukar.

“Anaconda dikejar oleh sekitar lima ular lain yang diperkirakan jantan dan berusaha menarik perhatiannya untuk kawin. Dia (ular betina) sangat cepat dan mulai menyeberang dengan cepat karena terkejut,” kata seorang mahasiswa, Antonio Stabile dos Santos.

Ular kecil yang mengikuti Anaconda raksasa itu rupanya pejantan, meski awalnya dikira ular-ular itu merupakan anaknya. 

Pakar biologi, Willianilson Pessoa mengatakan, Anaconda betina memang berukuran lebih besar dari ular jantan.

Ular Anaconda betina juga lazim melahirkan belasan ular muda. Anaconda betina melepaskan hormon di lingkungan yang menyebabkan jantan mulai mengikuti mereka yang mungkin terjadi dalam situasi ini.

Brazil menjadi salah satu daerah yang dilalui hutan Amazon. Sehingga tak heran predator ganas itu bisa ditemui kapan saja. (R01)

Sumber: Okezone.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index